وَكَانَ رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُهُ فَلَمَّا هَاجَرَ إِلَى الْمَدِينَةِ
صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ شَهْرُ رَمَضَانَ قَالَ « مَنْ
شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ».
Rasulullah Saw melaksanakan puasa 'Asyura (tgl 10 Muharram). ketika beliau
hijrah di Madinah pun beliau tetap melaksanakannya dan beliau memerintahkan
melaksanakannya. Ketika puasa ramadhan diwajibkan, beliau berkata, "Siapa
yang ingin melaksanakan puasa 'Asyura, laksanakanlah. siapa yang tidak ingin,
maka ia tidak melaksanakannya". Hadis riwayat Muslim dari Aisyah.
َنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.
َنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.
Rasulullah Saw sampai di kota Madinah, ia dapati orang-orang Yahudi
melaksanakan puasa pada hari 'Asyura (10 Muharram), maka Rasulullah bertanya
kepada mereka, "Hari apakah ini kamu melaksanakan puasa pada hari
ini?". mereka menjawab, "Ini hari yang agung. Allah menyelamatkan
Musa dan kaumnya pada hari in, Ia menenggelamkan Fir'aun dari kaumnya. maka
Musa melaksanakn puasa bersyukur kepada Allah, maka kami melaksanakan
puasa".
Rasulullah Saw berkata, "Kami lebih berhak dan lebih utama terhadap Musa daripada kamu".
Maka Rasulullah Saw melaksanakan puasa dan memerintahkannya. Hadits riwayat muslim dari Ibnu Abbas.
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
Rasulullah Saw berkata, "Kami lebih berhak dan lebih utama terhadap Musa daripada kamu".
Maka Rasulullah Saw melaksanakan puasa dan memerintahkannya. Hadits riwayat muslim dari Ibnu Abbas.
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
puasa yang paling afdhal setelah ramadhan adalah puasa di bulan Muharram dan
shalat yang paling afdhal setelah shalat fardhu adalah shalat malam (tahajjud).
hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah.
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ ».
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ ».
Rasulullah Saw ditanya tentang puasa 'Asyura, beliau menjawab, “Mengampuni dosa
setahun yang lalu”. Hadits riwayat Muslim.
وروى أحمد "خالفوا اليهود صوموا يوما قبله ويوما بعده " .
“Laksanakanlah puasa 'Asyura, akan tetapi berbeda dengan yang dilakukan orang-orang Yahudi. berpuasalah satu hari sebelumnya dan sehari setelahnya". hadits riwayat Imam Ahmad.
المرتبة الأولى صوم ثلاثة أيام : التاسع والعاشر والحادى عشر .
والمرتبة الثانية صوم التاسع والعاشر، والمرتبة الثالثة صوم العاشر وحده
Tingkatan puasa 'Asyura terbagi tiga:
Orang yang melaksanakan tanggal 9, 10 dan 11.
Orang yang melaksanakan tanggal 9 dan 10.
Orang yang melaksanakan tanggal 10 saja.
(Pendapat ulama).
“Laksanakanlah puasa 'Asyura, akan tetapi berbeda dengan yang dilakukan orang-orang Yahudi. berpuasalah satu hari sebelumnya dan sehari setelahnya". hadits riwayat Imam Ahmad.
المرتبة الأولى صوم ثلاثة أيام : التاسع والعاشر والحادى عشر .
والمرتبة الثانية صوم التاسع والعاشر، والمرتبة الثالثة صوم العاشر وحده
Tingkatan puasa 'Asyura terbagi tiga:
Orang yang melaksanakan tanggal 9, 10 dan 11.
Orang yang melaksanakan tanggal 9 dan 10.
Orang yang melaksanakan tanggal 10 saja.
(Pendapat ulama).
loading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar