Nasab
beliau bersandar pada silsilah dzahabiyyah, bersambung dari ayah ke
kakek, sampai akhirnya bertemu dengan kakek beliau yang termulia
Rasulullah SAW. Adapun perinciannya, beliau adalah:
Al-Habib
Al-Allamah Zain bin Abdullah bin Alwi bin Umar bin Ahmad bin Abdullah
bin Muhammad bin Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Ahmad
Ash-Shalaibiyyah bin Husin bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah
Al-Aidrus bin Abu Bakar As-Sakran bin Abdur Rahman As-Saggaf bin
Muhammad Maulad Dawilah bin Ali Shahib Ad-Dark bin Alwi bin Al-Faqih
Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’
Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Imam
Al-Muhajir Ahmad bin Isa bin Ali Al-’Uradhy bin Ja’far Ash-Shadiq bin
Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husin, putri Sayyidah
Fatimah binti Rasulullah SAW.
Kelahiran dan masa kecil beliau
Kelahiran dan masa kecil beliau
Beliau
dilahirkan di daerah As-Suweiry (dekat kota Tarim), Hadramaut, pada
tahun 1289 H. Ayah beliau Al-Habib Abdullah, berasal dari kota Tarim,
dan kemudian berhijrah ke kota As-Suweiry dengan beberapa teman beliau
atas perintah Al-Imam Al-Habib Thahir bin Husin Bin Thahir Ba’alawy
untuk mengawasi gencatan senjata antar kabilah yang terjadi di kota
tersebut.
Beliau
Al-Habib Zain tumbuh dalam suatu keluarga yang penuh keutamaan, ilmu
dan akhlak, mencontoh keluarga datuk beliau Rasulullah SAW. Al-Habib
Abdullah, ayah beliau, mencurahkan perhatian yang lebih kepada beliau
diantara saudara-saudaranya, karena selain beliau adalah anak yang
terakhir, juga beliau adalah anak yang berperilaku yang mulia dan
berhati bersih. Dan sungguh Al-Habib Abdullah melihat dengan firasat
tajamnya bahwa putra beliau yang satu ini akan menjadi seorang yang
mempunyai hal (keadaan) yang tinggi di suatu masa mendatang.
Beliau
Al-Habib Zain tumbuh dewasa dan dicintai oleh keluarganya dan
masyarakat As-Suweiry. Beliau habiskan masa kecil beliau dengan penuh
kezuhudan dan ibadah. Beliau semenjak kecilnya gemar sekali menjaga
kewajiban shalat dan menunaikan shalat-shalat sunnah. Suatu kegemaran
yang jarang sekali dipunyai oleh anak-anak sebaya beliau.
Perjalanan hijrah beliau
Pada
tahun 1301 H, beliau melakukan perjalanan hijrah ke Indonesia,
disertai saudara-saudaranya Alwi, Ahmad dan Ali. Pada saat itu beliau
masih berusia 12 tahun. Di Indonesia beliau bertemu dengan pamannya
Al-Allamah Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Aidrus yang sudah terlebih
dahulu menetap disana.
Masa belajar beliau
Sebelum
beliau berhijrah ke Indonesia, beliau banyak mengambil ilmu dari
keluarganya, dan juga dari para ulama di tempat asalnya Hadramaut, yang
memang terkenal pada saat itu dengan negeri yang penuh dengan
ulama-ulama besar. Dari daerah tersebut, beliau banyak mengambil
berbagai macam ilmu-ilmu agama.
Setelah
berada di Indonesia, beliau menuntut ilmu kepada pamannya Al-Habib
Muhammad. Setelah dirasakan cukup, beliau Al-Habib Zain dikirim oleh
pamannya untuk menuntut ilmu kepada salah seorang mufti terkenal di
Indonesia saat itu, yaitu Al-Habib Al-Faqih Al-Allamah Utsman bin
Abdullah Bin Yahya. Guru beliau Al-Habib Utsman Bin Yahya merupakan
salah seorang tokoh agama yang cukup mumpuni di bidang fiqih dan
ilmu-ilmu keislaman saat itu. Banyak diantara para murid Al-Habib Utsman
yang menjadi ulama-ulama besar, seperti Al-Habib Ali bin Abdur Rahman
Alhabsyi, Kwitang.
Hiduplah
beliau Al-Habib Zain dibawa didikan gurunya Al-Habib Utsman Bin Yahya.
Sebagaimana masa kecilnya, semangat beliau seakan tak pupus untuk
belajar dengan giat dan tekun. Banyak ilmu yang diambil beliau dari
gurunya, diantaranya adalah ilmu-ilmu bahasa Arab, Fiqih, Fara’idh (ilmu
waris), Ushul, Falak, dan sebagainya. Beliau mengambil dari gurunya
ilmu dan amal dan beliau banyak mendapatkan ijazah dari gurunya
tersebut.
Masa dakwah beliau
Pada
tahun 1322 H, berdirilah sebuah sekolah agama di kota Jakarta yang
dinamakan Jamiat Khair. Beberapa pengurus dari sekolah itu kemudian
datang kepada beliau untuk memintanya mengajar disana. Akhirnya
mengajarlah beliau disana dengan kesungguhan, tanpa lelah dan bosan.
Pada saat itu beliau merupakan salah seorang staf pengajar kurun waktu
pertama sekolah Jamiat Khair, suatu sekolah yang banyak menghasilkan
tokoh-tokoh agama dan pergerakan.
Selang
beberapa tahun kemudian, beliau mendirikan sebuah sekolah kecil di
jalan Gajah Mada, Jakarta. Keberadaan sekolah itu disambut dengan
gembira oleh masyarakat, yang sangat butuh akan ilmu-ilmu agama. Akan
tetapi sayangnya, tak selang berapa lama, dengan kedatangan Jepang,
sekolah tersebut ditutup oleh penjajah Jepang.
Beberapa
tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1326 H, beliau mendirikan majlis
taklim di Masjid Al-Mubarak, Krukut, Jakarta. Majlis taklim tersebut
diadakan siang dan malam, dan banyak dihadiri pria dan wanita.
Sepeninggal pamannya Al-Habib Muhammad, beliaulah yang menjadi
khalifah-nya. Termasuk juga beliau menjadi imam di Masjid tersebut,
menggantikan posisi pamannya. Di masjid itu, beliau mengajarkan
ilmu-ilmu agama, diantaranya ilmu Tafsir, Fiqih, Akidah yang lurus, dan
ilmu-ilmu lainnya, dengan cara yang mudah dan sederhana. Begitulah
seterusnya beliau menjalankan aktivitasnya dalam berdakwah, tanpa lelah
dan bosan, selama 70 tahun.
Suluk beliau
Sebagaimana
thariqah yang dipegang oleh para Datuk beliau, beliau bermadzhabkan
kepada Al-Imam Asy-Sy-Syafi’i dan bersandarkan pada aqidah Asy’ariyyah,
salah satu aqidah didalam Ahlus Sunnah wal Jamaah. Itulah yang beliau
bawa sebagai pegangan hidup, meneruskan dari apa-apa yang telah
digariskan oleh datuk-datuk beliau para Salaf Bani Alawy.
Sifat-sifat mulia beliau
Sedangkan
mengenai sifat-sifat beliau, beliau adalah seorang memiliki khasyah
(rasa takut) kepada Allah, zuhud terhadap dunia, qana’ah dalam menerima
sesuatu, banyak membaca Al-Qur’an dan dzikir. Sebagaimana di masa
kecilnya, beliau selalu tekun melakukan shalat di Masjid Al-Mubarak dan
disana beliau selalu bertindak sebagai imam. Salah satu kebiasaan yang
sering beliau lakukan adalah beliau tidak keluar dari masjid setelah
menunaikan shalat Subuh, kecuali setelah datangnya waktu isyraq
(terbitnya matahari). Begitu juga dengan shalat-shalat sunnah yang
selalu beliau kerjakan. Hal ini berlangsung terus meskipun beliau sudah
memasuki masa tuanya.
Wafat beliau
Di
akhir hayatnya, majlis beliau adalah sebuah majlis ilmu yang penuh
dengan kedamaian dan ketenangan, majlis yang penuh akhlak dan adab,
majlis yang penuh anwar dan asrar, taman ilmu dan hikmah, penuh dengan
dzikir dan doa. Sampai akhirnya beliau dipanggil oleh Allah SWT untuk
menghadap-Nya, dalam usianya 110 tahun. Beliau wafat pada hari Sabtu,
tanggal 24 Rabi’ul Tsani 1399 H (24 Maret 1979 M), sekitar pukul 3 sore.
Jasad beliau disemayamkan di pekuburan Condet (depan Al-Hawi),
Jakarta.
Derai
tangis mengiringi kepergian beliau menuju Hadratillah. Al-Habib Husin
bin Abdur Rahman Assegaf melantunkan syair perpisahan dengan beliau,
yang diantara baitnya berbunyi:
Keindahan ufuk itu telah hilang dan pancaran cahaya bintang itu telah pergi.
Ia menerangi kami beberapa saat dan setelah habisnya malam, ia pun berlalu dan pergi.
Itulah Al-Faqid Zain yang pernah menerangi zaman dan penunjuk hidayah.
Sungguh beliau adalah pelita bagi ilmu agama dan Al-Qur’an, serta seorang imam, jarang ada yang menyamainya.
Khalifah (penerus) bagi para pendahulunya, beliau berjalan pada atsar dan jejak langkah mereka.
Seorang
ulama min ahlillah telah berpulang, akan tetapi ilmu dan akhlaknya
akan tetap terus terkenang, menjadi ibrah bagi orang-orang yang
mempunyai bashirah.
Radhiyallahu anhu wa ardhah…
Referensi
1. Jauharah An-Nufus As-Sayyid Al-Allamah Zain bin Abdullah Ash-Shalaibiyyah Al-Aidrus, As-Sayid Hasan bin Husin Assaggaf.
2. Tahqiq Syams Adh-Dhahirah, Al-Habib Muhammad Dhia Bin Syahab, juz. 2.
3. Harian Pos Kota, Senin, 26 Maret 1979.
4. Harian Sinar Harapan, Senin, 26 Maret 1979
2. Tahqiq Syams Adh-Dhahirah, Al-Habib Muhammad Dhia Bin Syahab, juz. 2.
3. Harian Pos Kota, Senin, 26 Maret 1979.
4. Harian Sinar Harapan, Senin, 26 Maret 1979
loading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar