By:
H. Abdul Somad, Lc., MA.
somadku@yahoo.com
somadmorocco.blogspot.com
عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُهُ إِلاَّ قَلِيلاً بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ.
Dari Aisyah, ia berkata:
“Saya tidak pernah melihat Rasulullah Saw lebih banyak berpuasa dalam suatu bulan melebihi pada bulan Sya’ban. Beliau melaksanakan puasa pada sebagian besar hari-hari pada bulan Sya’ban, bahkan beliau pernah melaksanakan puasa sebulan penuh pada bulan Sya’ban”.
(HR. at-Tirmidzi).
Shahih menurut Syekh al-Albani, disebutkan dalam Shahih wa Dha’if Sunan at-Tirmidzi, no. 736.
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ. (مسلم).
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
“Apabila Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu”. (HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقُولُ « الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan, menjadi penutup (dosa) antara keduanya, apabila menjauhi dosa besar”.
(HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw:
“Semua amal anak cucu Adam (manusia) dilipatgandakan. Satu kebaikan digandakan sepuluh kali dengan kebaikan yang sama hingga tujuh ratus kali ganda. Allah berfirman, “Kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku memberi balasannya, ia meninggalkan syahwatnya dan makanannya demi Aku”. Bagi orang yang berpuasa itu ada dua kebahagiaan. Kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih baik di sisi Allah daripada harum kasturi”. (HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Siapa yang melaksanakan Qiyamullail pada malam Ramadhan karena iman dan hanya mengharapkan balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
(HR. al-Bukhari dan Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ » .
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan hanya mengharapkan balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
(HR. al-Bukhari dan Muslim).
قَالَتْ عَائِشَةُ رضى الله عنها كَانَ إِذَا دَخَلَتِ الْعَشْرُ أَحْيَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اللَّيْلَ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ وَشَدَّ الْمِئْزَرَ.
Aisyah berkata:
“Apabila memasuki sepuluh terakhir Ramadham, Rasulullah Saw menghidupkan malam Ramadhan, membangunkan keluarganya dan menguatkan ikat kainnya (tekun beribadah)”. (HR. an-Nasa’i dan Ahmad).
عن كعب بن عجرة ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « احضروا المنبر » فحضرنا فلما ارتقى درجة قال : « آمين » ، فلما ارتقى الدرجة الثانية قال : « آمين » فلما ارتقى الدرجة الثالثة قال : « آمين » ، فلما نزل قلنا : يا رسول الله لقد سمعنا منك اليوم شيئا ما كنا نسمعه قال : « إن جبريل عليه الصلاة والسلام عرض لي فقال : بعدا لمن أدرك رمضان فلم يغفر له قلت : آمين ، فلما رقيت الثانية قال : بعدا لمن ذكرت عنده فلم يصل عليك قلت : آمين ، فلما رقيت الثالثة قال : بعدا لمن أدرك أبواه الكبر عنده أو أحدهما فلم يدخلاه الجنة قلت : آمين » « هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه »
Dari Ka’ab bin ‘Ajrah, ia berkata: Rasulullah berkata, “Datanglah kamu ke mimbar”. Maka kami pun datang ke mimbar. Ketika beliau naik ke tangga pertama, beliau mengucapkan “Amin”. Ketika beliau naik ke tangga kedua, beliau mengucapkan, “Amin”. Ketika beliau naik ke tangga ketiga, beliau mengucapkan, “Amin”. Ketika beliau turun, kami bertanya, “Wahai Rasulullah, kami mendengar sesuatu darimu hari ini yang tidak pernah kami dengar sebelumnya”.
Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya Jibril menawarkan sesuatu kepadaku, ia berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), orang yang mendapati Ramadhan, akan tetapi dosanya tidak diampuni”. Maka aku katakan, “Amin”.
Kemudian aku naik ke tangga kedua, ia berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), bagi orang yang ketika namamu disebut, akan tetapi ia tidak bershalawat kepadamu”. Maka aku katakan, “Amin”.
Ketika aku naik ke tangga ketiga, Jibril berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), orang yang hidup bersama kedua orang tuanya yang lanjut usia, keduanya atau salah seorang daripada keduanya, akan tetapi tidak menyebabkannya masuk surga”. Maka aku katakan, “Amin”.
(HR. al-Hakim).
Shahih li Ghairihi, menurut Syekh al-Albani, disebutkan dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib, no. 995.
Beberapa Hadits Dha’îf Seputar Ramadhan
حديث : ( اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان ) رواه البزار والطبراني وفي سنده زائدة بن أبي الرقاد ، قال عنه البخاري : منكر الحديث . وضعفه النسائي ، وابن حبان . وقد بيَّن بطلانه ابن حجر في: تبيين العجب بما ورد في رجب
“Ya Allah berilah kami berkah di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Ramadhan”.
(Diriwayatkan oleh al-Bazzar dan ath-Thabrani. Dalam sanadnya terdapat Za’idah bin Abi ar-Raqqad. Imam al-Bukhari berkata tentangnya, “Ia seorang munkar al-hadits”. Imam Nasa’i dan Ibnu Hibban mendha’ifkannya. Imam Ibnu Hajar menjelaskannya dalam kitab Tabyin al-‘Ajab bi ma Warada fi Rajab).
حديث : ( أظلكم شهر عظيم .. وذكر فيه : أن أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار ) ... إلخ . وهو معروف بحديث سلمان الفارسي . رواه ابن خزيمة وقال : إن صح الخبر . وفي سنده علي بن زيد بن جدعان وهو ضعيف ، وسعيد بن المسيب لم يسمع منه
“Kamu telah dinaungi bulan yang agung” ... dalam hadits tersebut disebutkan: “Awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya keselamatan dari api neraka”, dan seterusnya.
(Hadits ini dikenal diriwayatkan dari Salman al-Farisi. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, beliau berkata, “Jika khabar ini benar”. Dalam sanadnya terdapat Ali bin Zaid bin Jad’an. Ia seorang perawi yang dha’if. Sa’id bin al-Musayyib tidak mendengar hadits ini langsung dari Ali bin Zaid bin Jad’an).
حديث : ( لو يعلم العباد ما في رمضان لتمنت أمتي أن يكون رمضان السنة كلها ) رواه أبو يعلى 9/180 وقال : في سنده جرير بن أيوب ضعيف . وأخرجه ابن خزيمة 1886 وقال : إن صح الخبر .
“Kalaulah hamba-hamba itu mengetahui apa yang ada dalam bulan Ramadhan, pastilah umatku berharap agar seluruh tahun itu Ramadhan semuanya”. (Diriwayatkan oleh Abu Ya’la: 9/180. Ia berkata, “Dalam sanadnya terdapat Jarir bin Ayyub, ia seorang periwayat yang dha’if”. Disebutkan oleh Ibnu Khuzaimah: 1886. Ia berkata, “Jika khabar ini benar”).
حديث : ( صوموا تصحوا ) أخرجه أحمد 2/380 والطبراني وأبو نعيم والحاكم ، وهو حديث ضعيف
“Puasalah kamu, maka kamu akan sehat”.
(Disebutkan oleh Imam Ahmad: 2/380, ath-Thabrani, Abu Nu’aim dan al-Hakim. Hadits dha’if).
حديث : ( نوم الصائم عبادة ) أورده السيوطي في الجامع الصغير 9293 وعزاه للبيهقي ورمز له بالضعف من طريق عبدالله بن أبي أوفى . وضعفه زين الدين العراقي والبيهقي والسيوطي . انظر الفردوس 4/248 ، وإتحاف السادة 4/322 .
“Tidurnya orang yang puasa itu adalah ibadah”.
(Disebutkan Imam as-Suyuthi dalam al-Jami’ ash-Shaghir: 9293, ia nyatakan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, diberi tanda: hadits dha’if. Diriwayatkan dari jalur riwayat Abdullah bin Abi Aufa. Dinyatakan dha’if oleh Imam Zainuddin al-‘Iraqi, al-Baihaqi dan as-Suyuthi).
3746 - ( ضعيف جدا )
شعبان شهري ورمضان شهر الله وشعبان المطهر ورمضان المكفر
“Sya’ban adalah bulanku, Ramadhan adalah bulan Allah. Sya’ban itu yang mensucikan dan Ramadhan itu adalah penutup dosa”.
(Dha’if Jiddan (sangat dha’if). Disebutkan Syekh al-Albani dalam as-Silsilah adh-Dha’ifah, no. 3746).
4400 - ( ضعيف )
رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي
“Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku”.
(Hadits dha’if. Disebutkan Syekh al-Albani dalam as-Silsilah adh-Dha’ifah, no. 4400).
Hukum Meriwayatkan dan Beramal Dengan Hadits Dha’if:
Boleh hukumnya meriwayatkan hadits dha’if dengan syarat sebagai berikut:
a. Tidak berkaitan dengan akidah, seperti sifat-sifat Allah.
b. Tidak berkaitan dengan penjelasan hukum-hukum syariat Islam yang berkaitan dengan halal dan haram.
Artinya, boleh meriwayatkan hadits dha’if dalam bentuk nasihat, at-Targhib (motifasi), at-Tarhib (ancaman), kisah-kisah dan lainnya .
Perlu diperhatikan bahwa ketika meriwayatkan hadits dha’if, maka tidak menggunakan kalimat:
قاَلَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم
“Rasulullah bersabda: ...”
Akan tetapi digunakan kalimat:
رُوِيَ عَنْ رَسُوْلِ الله
“Diriwayatkan dari Rasulullah Saw: ...”
Sedangkan hukum beramal dengan hadits dha’if. Menurut jumhur ulama boleh diamalkan dalam fadha’il a’mal (keutamaan amal), akan tetapi dengan tiga syarat:
a. Bukan hadits yang sangat dha’if (salah satu perawinya kadzdzab [pendusta]).
b. Ada hadits shahih yang menaunginya.
c. Tidak diyakini sebagai suatu ketetapan yang pasti .
Hukum Meriwayatkan Hadits Maudhû’ (Hadits Palsu).
عَنِ الْمُغِيرَةِ - رضى الله عنه - قَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ « إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ » .
Dari al-Mughirah, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda:
“Sesungguhnya dusta terhadapku tidaklah sama dengan dusta terhadap orang lain. Siapa yang berdusta terhadapku secara sengaja, maka hendaklah ia menyiapkan tempat duduknya dari api neraka”.
(HR. Al-Bukhari).
somadku@yahoo.com
somadmorocco.blogspot.com
عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ كَانَ يَصُومُهُ إِلاَّ قَلِيلاً بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ.
Dari Aisyah, ia berkata:
“Saya tidak pernah melihat Rasulullah Saw lebih banyak berpuasa dalam suatu bulan melebihi pada bulan Sya’ban. Beliau melaksanakan puasa pada sebagian besar hari-hari pada bulan Sya’ban, bahkan beliau pernah melaksanakan puasa sebulan penuh pada bulan Sya’ban”.
(HR. at-Tirmidzi).
Shahih menurut Syekh al-Albani, disebutkan dalam Shahih wa Dha’if Sunan at-Tirmidzi, no. 736.
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ. (مسلم).
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
“Apabila Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu”. (HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقُولُ « الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan, menjadi penutup (dosa) antara keduanya, apabila menjauhi dosa besar”.
(HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw:
“Semua amal anak cucu Adam (manusia) dilipatgandakan. Satu kebaikan digandakan sepuluh kali dengan kebaikan yang sama hingga tujuh ratus kali ganda. Allah berfirman, “Kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku memberi balasannya, ia meninggalkan syahwatnya dan makanannya demi Aku”. Bagi orang yang berpuasa itu ada dua kebahagiaan. Kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih baik di sisi Allah daripada harum kasturi”. (HR. Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ».
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Siapa yang melaksanakan Qiyamullail pada malam Ramadhan karena iman dan hanya mengharapkan balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
(HR. al-Bukhari dan Muslim).
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ » .
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan hanya mengharapkan balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
(HR. al-Bukhari dan Muslim).
قَالَتْ عَائِشَةُ رضى الله عنها كَانَ إِذَا دَخَلَتِ الْعَشْرُ أَحْيَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اللَّيْلَ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ وَشَدَّ الْمِئْزَرَ.
Aisyah berkata:
“Apabila memasuki sepuluh terakhir Ramadham, Rasulullah Saw menghidupkan malam Ramadhan, membangunkan keluarganya dan menguatkan ikat kainnya (tekun beribadah)”. (HR. an-Nasa’i dan Ahmad).
عن كعب بن عجرة ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « احضروا المنبر » فحضرنا فلما ارتقى درجة قال : « آمين » ، فلما ارتقى الدرجة الثانية قال : « آمين » فلما ارتقى الدرجة الثالثة قال : « آمين » ، فلما نزل قلنا : يا رسول الله لقد سمعنا منك اليوم شيئا ما كنا نسمعه قال : « إن جبريل عليه الصلاة والسلام عرض لي فقال : بعدا لمن أدرك رمضان فلم يغفر له قلت : آمين ، فلما رقيت الثانية قال : بعدا لمن ذكرت عنده فلم يصل عليك قلت : آمين ، فلما رقيت الثالثة قال : بعدا لمن أدرك أبواه الكبر عنده أو أحدهما فلم يدخلاه الجنة قلت : آمين » « هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه »
Dari Ka’ab bin ‘Ajrah, ia berkata: Rasulullah berkata, “Datanglah kamu ke mimbar”. Maka kami pun datang ke mimbar. Ketika beliau naik ke tangga pertama, beliau mengucapkan “Amin”. Ketika beliau naik ke tangga kedua, beliau mengucapkan, “Amin”. Ketika beliau naik ke tangga ketiga, beliau mengucapkan, “Amin”. Ketika beliau turun, kami bertanya, “Wahai Rasulullah, kami mendengar sesuatu darimu hari ini yang tidak pernah kami dengar sebelumnya”.
Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya Jibril menawarkan sesuatu kepadaku, ia berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), orang yang mendapati Ramadhan, akan tetapi dosanya tidak diampuni”. Maka aku katakan, “Amin”.
Kemudian aku naik ke tangga kedua, ia berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), bagi orang yang ketika namamu disebut, akan tetapi ia tidak bershalawat kepadamu”. Maka aku katakan, “Amin”.
Ketika aku naik ke tangga ketiga, Jibril berkata, “Jauh (dari rahmat Allah), orang yang hidup bersama kedua orang tuanya yang lanjut usia, keduanya atau salah seorang daripada keduanya, akan tetapi tidak menyebabkannya masuk surga”. Maka aku katakan, “Amin”.
(HR. al-Hakim).
Shahih li Ghairihi, menurut Syekh al-Albani, disebutkan dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib, no. 995.
Beberapa Hadits Dha’îf Seputar Ramadhan
حديث : ( اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان ) رواه البزار والطبراني وفي سنده زائدة بن أبي الرقاد ، قال عنه البخاري : منكر الحديث . وضعفه النسائي ، وابن حبان . وقد بيَّن بطلانه ابن حجر في: تبيين العجب بما ورد في رجب
“Ya Allah berilah kami berkah di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Ramadhan”.
(Diriwayatkan oleh al-Bazzar dan ath-Thabrani. Dalam sanadnya terdapat Za’idah bin Abi ar-Raqqad. Imam al-Bukhari berkata tentangnya, “Ia seorang munkar al-hadits”. Imam Nasa’i dan Ibnu Hibban mendha’ifkannya. Imam Ibnu Hajar menjelaskannya dalam kitab Tabyin al-‘Ajab bi ma Warada fi Rajab).
حديث : ( أظلكم شهر عظيم .. وذكر فيه : أن أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار ) ... إلخ . وهو معروف بحديث سلمان الفارسي . رواه ابن خزيمة وقال : إن صح الخبر . وفي سنده علي بن زيد بن جدعان وهو ضعيف ، وسعيد بن المسيب لم يسمع منه
“Kamu telah dinaungi bulan yang agung” ... dalam hadits tersebut disebutkan: “Awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya keselamatan dari api neraka”, dan seterusnya.
(Hadits ini dikenal diriwayatkan dari Salman al-Farisi. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, beliau berkata, “Jika khabar ini benar”. Dalam sanadnya terdapat Ali bin Zaid bin Jad’an. Ia seorang perawi yang dha’if. Sa’id bin al-Musayyib tidak mendengar hadits ini langsung dari Ali bin Zaid bin Jad’an).
حديث : ( لو يعلم العباد ما في رمضان لتمنت أمتي أن يكون رمضان السنة كلها ) رواه أبو يعلى 9/180 وقال : في سنده جرير بن أيوب ضعيف . وأخرجه ابن خزيمة 1886 وقال : إن صح الخبر .
“Kalaulah hamba-hamba itu mengetahui apa yang ada dalam bulan Ramadhan, pastilah umatku berharap agar seluruh tahun itu Ramadhan semuanya”. (Diriwayatkan oleh Abu Ya’la: 9/180. Ia berkata, “Dalam sanadnya terdapat Jarir bin Ayyub, ia seorang periwayat yang dha’if”. Disebutkan oleh Ibnu Khuzaimah: 1886. Ia berkata, “Jika khabar ini benar”).
حديث : ( صوموا تصحوا ) أخرجه أحمد 2/380 والطبراني وأبو نعيم والحاكم ، وهو حديث ضعيف
“Puasalah kamu, maka kamu akan sehat”.
(Disebutkan oleh Imam Ahmad: 2/380, ath-Thabrani, Abu Nu’aim dan al-Hakim. Hadits dha’if).
حديث : ( نوم الصائم عبادة ) أورده السيوطي في الجامع الصغير 9293 وعزاه للبيهقي ورمز له بالضعف من طريق عبدالله بن أبي أوفى . وضعفه زين الدين العراقي والبيهقي والسيوطي . انظر الفردوس 4/248 ، وإتحاف السادة 4/322 .
“Tidurnya orang yang puasa itu adalah ibadah”.
(Disebutkan Imam as-Suyuthi dalam al-Jami’ ash-Shaghir: 9293, ia nyatakan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, diberi tanda: hadits dha’if. Diriwayatkan dari jalur riwayat Abdullah bin Abi Aufa. Dinyatakan dha’if oleh Imam Zainuddin al-‘Iraqi, al-Baihaqi dan as-Suyuthi).
3746 - ( ضعيف جدا )
شعبان شهري ورمضان شهر الله وشعبان المطهر ورمضان المكفر
“Sya’ban adalah bulanku, Ramadhan adalah bulan Allah. Sya’ban itu yang mensucikan dan Ramadhan itu adalah penutup dosa”.
(Dha’if Jiddan (sangat dha’if). Disebutkan Syekh al-Albani dalam as-Silsilah adh-Dha’ifah, no. 3746).
4400 - ( ضعيف )
رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي
“Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku”.
(Hadits dha’if. Disebutkan Syekh al-Albani dalam as-Silsilah adh-Dha’ifah, no. 4400).
Hukum Meriwayatkan dan Beramal Dengan Hadits Dha’if:
Boleh hukumnya meriwayatkan hadits dha’if dengan syarat sebagai berikut:
a. Tidak berkaitan dengan akidah, seperti sifat-sifat Allah.
b. Tidak berkaitan dengan penjelasan hukum-hukum syariat Islam yang berkaitan dengan halal dan haram.
Artinya, boleh meriwayatkan hadits dha’if dalam bentuk nasihat, at-Targhib (motifasi), at-Tarhib (ancaman), kisah-kisah dan lainnya .
Perlu diperhatikan bahwa ketika meriwayatkan hadits dha’if, maka tidak menggunakan kalimat:
قاَلَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم
“Rasulullah bersabda: ...”
Akan tetapi digunakan kalimat:
رُوِيَ عَنْ رَسُوْلِ الله
“Diriwayatkan dari Rasulullah Saw: ...”
Sedangkan hukum beramal dengan hadits dha’if. Menurut jumhur ulama boleh diamalkan dalam fadha’il a’mal (keutamaan amal), akan tetapi dengan tiga syarat:
a. Bukan hadits yang sangat dha’if (salah satu perawinya kadzdzab [pendusta]).
b. Ada hadits shahih yang menaunginya.
c. Tidak diyakini sebagai suatu ketetapan yang pasti .
Hukum Meriwayatkan Hadits Maudhû’ (Hadits Palsu).
عَنِ الْمُغِيرَةِ - رضى الله عنه - قَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ « إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ » .
Dari al-Mughirah, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda:
“Sesungguhnya dusta terhadapku tidaklah sama dengan dusta terhadap orang lain. Siapa yang berdusta terhadapku secara sengaja, maka hendaklah ia menyiapkan tempat duduknya dari api neraka”.
(HR. Al-Bukhari).
loading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar