Al-Habib
Ali bin Husein Al-Attas, beliau lebih dikenal dengan sebutan Habib Ali
Bungur. Beliau merupakan rantai jaringan Ulama Betawi sampai sekarang
ini. Beliau memiliki jasa yang sangat besar dalam menorehkan jejak
langkah dakwah dikalangan masyarakat Betawi. Beliau menjadi rujukan umat
di zamannya, Al-Habib Salim bin Jindan mengatakan bahwa Al-Habib Ali
bin Husein Al-Attas dan Al-Habib Ali Kwitang bagaikan kedua bola
matanya, dikarekan keluasan khazanah keilmuan kedua habib itu.Silsilah
beliau adalah : Al-Habib Ali bin Husein bin Muhammad bin Husein bin
Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husein bin Al-Imam Al-Qutub Al-Habib
Umar bin Abdurrahman Al-Attas bin Agil bin Salim bin Abdullah bin
Abdurrahman Assegaf bin Mauladawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghuyyur bin
Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammmad Sahib Mirbath bin
Ali Khala’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin ‘Ubaidillah bin
Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidhi bin
Ja’far Ash-Shadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zaenal Abidin bin Husein
bin Ali bin Ali Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wasalam. Beliau lahir di Huraidhah, Hadramaut, pada tanggal 1 Muharram 1309 H, bertepatan dengan 1889 M. semenjak usia 6 tahun beliau belajar berbagai ilmu keislaman pada para ulama dan auliya yang hidup di Hadramaut saat itu, sebagaimana jejak langkah generasi pendahulunya, seelah mendalami agama yang cukup di Hadramaut, pada tahun 1912 M beliau pergi ke tanah suci unuk menunaikan haji serrta berziarah ke makam datuknya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam di Madinah. Disana beliau menetap di Makkah. Hari-hari beliau dipergunakan untuk menimba ilmu kepada para ulama yang berada di Hijaz. Setelah 4 tahun (tak banyak sejarawan yang menulis bagaimana perjalanan beliau hingga kemudian tiba di Jakarta) setelah menetap di Jakarta, beliau berguru kepada para ulama yang berada di tanah air,diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Muhsin Al-Attas (Empang-Bogor), Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Pekalongan) dan Al-Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya), Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor (Bondowoso).
Di
daerah Cikini beliau tinggal, sebuah kampung yang masyarakatnya hidup
dibawah gais kemiskinan. Beliau tinggall bersama-sama rakyat jelata.
Setiap orang mengenal Habib Ali, pasti akan berkata “hidupnya
sederhana,tawadhu’,teguh memegang prinsip, menolak pengkultusan manusia,
berani membela kebenaran, luas dalam pemikiran, mendalam di bidang
ilmu pengetahuan, tidak membeda-bedakan yang kaya dan yang miskin,
mendorong terbentuknya Negara Indonesia yang bersatu, utuh serta
berdaulat, tidak segan-segan menegur para pejabat yang mendatanginya
dan selalu menyampaikan agar jurang antara pemimpin dan rakyat
dihilangkan, rakyat mesti dicintai,”hal inilah yang menyebabkan rakyat
mencintai Al-Habib Ali bin Husein Al-Attas, beliau tidak pernah menadah
tangannya kepada orang-orang kaya harta, sebab beliau memiliki
kekayaan hati, beliau tidak mau menengadahkan tangannyadibawah, kecuali
hanya memohon kepada Rabbul ‘Alamin. Beliau memiliki ketawakalan yang
tinggi kepada Allah azza wa jalla.
Beliau
selalu mengorbankan semangat anti penjajah dengan membawakan ayat-ayat
Al-Qur’an dan Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam yang menganjurkan
melawan penjajah. “Penjajah adalah penindas, kafir dan wajib
diperangi” begitulah yang sering beliau ucapkan. Beliau tergolong
pejuang yang anti komunis. Pada masa pemberontakan PKI, beliau selalu
mengatakan bahwa “PKI dan komunis akan lenyap dari bumi Indonesia dan
rakyat akan selalu melawan kekuatan atheis. Ini berkah perjuangan para
ulama dan auliya yang jasadnya bertebaran di seluruh nusantara”.
Semasa
hidupnya beliau tidak pernah berhenti dan tak kenal lelah dalam
berdakwah. Salah satu karya terbesar beliau adalah kitab Tajul A’ras fi
Manaqib Al-Qutub Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Attas, sebuah kitab
sejarah para ulama Hadramaut yang pernah beliau jumpai, dari masa
penjajahan Inggris di Hadramaut, sehingga sekilas perjalanan para ulama
Hadramaut di Indonesia. Buku itu juga berisi tentang beberapa kandungan
ilmu tasawuf dan Thariqah Alawiyah. Semasa hidupnya beliau selalu
berjuang membela umat, kesederhanaan serta istiqomahnya dalam
mempraktekkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari menjadi taulan
yang baik bagi umat.
Beliau
selalu mengajarkan dan mempraktekkan bahwa islam mengajak umat dari
kegelapan pada cahaya yang terang, membawa dari taraf kemiskinan kepada
taraf keadilan dan kemakmuran dan beliau pun wafat pada tanggal 16
Februari 1976, jam 06:10 pagi dam usia 88 tahun dan beliau dimakamkan di
pemakaman Al-Hawi, condet Jakarta timur.Sumber : http://nurulmusthofa.org
loading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar